Sabtu, 28 April 2012

Kegiatan Fasttrack Perancis Di ITS (Tentang Kuliah)

Berbicara program fasttrack memang banyak program yang perlu dipersiapkan dengan cepat (Fast) dan juga dengan jalur yang serba cepat (Track). Secara garis besar program fasttrack menurut saya terbagi menjadi dua kegiatan persiapan khususnya buat fasttrack perancis, yaitu persiapan kuliah M1 dan persyaratan lolos ujian DELF B2. Persiapan Yang pertama adalah persiapan akademik, didalam persiapan akademik ini saya harus mempersiapkan tahun pertama M1 S2 saya di program pasca sarjana di program pasca sarjana fakultas teknologi kelautan bidang keahliaan teknik sistem dan pengendalian kelautan. Dimana untuk persiapan ini tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan syarat minimal mengikuti program fasttrack yaitu sesuai dengan standar IPK yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dalam persiapan ini saya mengambil 4 mata kuliah (12 SKS). Dimana mata kuliah yang diambil adalah Rekayasa keandalan system dan struktur, Manajamen risiko dan keselamatan, Sistem Informasi dan Metodologi penelitian. Mata kuliah yang diambil memang mata kuliah yang ada disemester kedua di program pasca dan ada beberapa mata kuliah pilihan. Selanjutnya saya akan membahas satu persatu mata kuliah yang saya ambil. Pertama yaitu mata kuliah rekayasan keandalan system dan struktur secara umum mata kuliah ini bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan tentang rekayasa system dan struktur, memang secara umum mata kuliah ini sama seperti pada mata kuliah yang ada di program pasca sarjana akan tetapi pada mata kuliah yang di S2 ini lebih memperdalami dari segi aplikasi dan studi studi kasus yang ada dilapangan salah satu materi yang saya dapat pada minggu ini yang disampaikan oleh dosen saya yaitu Prof KBA begitu sapaannya, ialah mempelajari tentang studi kasus analisa resiko dibidang maritim. memang pada minggu minggu awal kami dikasi materi tentang reliability dan availability akan tetapi belakangan ini beliau menerangkan bahwa pendekatan ilmu keandalan dan availability kurang begitu berguna di dalam suatu pengambilan keputusan dalam menghadapi masalah, sehingga beliau memperuncing lagi materi yang diajarkan hingga mengarahkan kepada analisa resiko dibidang maritime akan tetapi dengan pengembangan materi dasar reliability dan availability dengan kata lain penilaian suatu resiko itu berdasarkan dari keandalan dan availability, sehingga ilmu keandalan yang diterapkan dapat langsung diaplikasikan sebagai salah satu pendukung keputusan. Mata kuliah yang kedua yaitu adalah menajemen resiko dan keselamatan kapal. Mata kuliah ini diajarkan oleh Dr Trika Pitana, Mata kuliah ini mempunyai tujuan akhir adalah mengerti dan dapat mengaplikasikan penilaian resiko dari bidang maritime. Materi kuliah yang telah disampaikan oleh beliau lebih banyak berkutat pada materi tentang analisa resiko tentang kecelakaan kapal di alur pelayaran di indonesia, pada minggu pertama sampai sekarang studi kasus yang dipelajari adalah menganalisa resiko kecelakaan kapal di pelayaran indonesia.

Adapun pendekatan metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode yang telah disajikan oleh kristiansen, salah satu pakar bidang maritime transportation. Belakangan ini beliau mengajarkan tentang studi kasus dengan menggunakan bantuan software IWRAP salah satu software educational based (license akademis 1 tahun), software ini membantu untuk menghitung probability dari tubrukan kapal. Materi kuliah yang ketiga adalah Metodologi penelitian, materi kuliah ini diajarkan oleh Pak Suntoyo Ph.D dosen berprestasi ITS 1 tahun ini, beliau lebih banyak menyampaiakan  masalah mengenai tatacara menulis thesis, attitude academic, cara publikasi dijurnal Internasional, selain itu beliau juga banyak mencerikan pengalaman beliau sewaktu kuliah di jepang mengenai publikasi ilmiah yang pernah beliau ikut. Materi kuliah yang keempat adalah sistem informasi materikuliah ini sebenarnya hanya materi kuliah penunjang bidang keahlian, dalam kuliah ini diajarkan oleh Prof Jauhar Manfaat, Beliau banyak mengajarkan tentang bagaimana konsep sistem informasi yang mendukung bidang perkapalan, banyak aplikasinya misalnya sistem informasi perusahaan, sistem informasi pendukung bisnis dan banyak lainnya. Keempat mata kuliah ini adalah mata kuliah yang saya jalani hingga minggu ke 11 ini, serangkaian UTS telah saya lalui. Selain kuliah M1 saya di pasca saja juga wajib mengikuti les bahasa yang diselenggarakan di ITS dengan pengajar dari IFI surabaya, Adapun tujuan utama diadakannya program ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk mengikuti kuliah di perancis (amin), pada saat ini adalah tahap persiapan mengikuti ujian DELF B1 dan B2 bulan juni nanti. mudah mudahan saya dapat lulus dengan hasil yang memuaskan amin. les bahasa perancis diadakan setiap hari kecuali hari minggu, adapun jadwal kuliahnya adalah senin sampai jumat yaitu pada jam 16.00-17.30 (3 jam dipotong istirahat 30 menit). dan pada hari sabtunya pada jam 09.00-14.00. Harus lebih giat lagi belajar untuk mendapatkan B2 , karena B2 merupakan harga mati untuk tiket berangkat dan kuliah disana, selain masalah administrasi (Universitas, dll). Mudah mudahan dengan sisa waktu yang ada ini kami dapat mempersiapkan persiapan kami dengan sebaik baiknya. kami berharap bimbingan dari guru guru les kami dapat kami terima dengan maksimal. Tiada kesempatan yang datang kedua kali, tiada keberhasilan tanpa pengorbanan, dan tiada segalanya tanpa keridhoaannya. amin.,.,

1 komentar: